Senin, 23 Maret 2015

Bagaimana Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

TUGAS ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI (SOFTSKILL)

Nama : Anita

NPM : 21213091

Kelas : 2EB26

UNIVERSITAS GUNADARMA

Bagaimana Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan?

Salam kenal untuk teman-teman semua, untuk memenuhi tugas softskill mengenai artikel bebas, saya akan membagi informasi mengenai Bagaimana Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan, informasi ini saya dapat dari pengalaman saya sewaktu SMA saya mengikuti Ekskul PMR, dan setiap kami berkumpul kami sering berbincang-bincang mengenai seputar kesehatan serta membaca majalah kesehatan, walaupun sewaktu SMA saya jurusan IPS, tetapi banyak informasi kesehatan yang saya dapat dan itu sangat bermanfaat.

Tidur adalah suatu kegiatan memejamkan mata untuk mengistirahatkan pikiran, mata, otak, dan beberapa organ tubuh lainnya setelah seharian beraktivitas. Namun banyak beberapa diantara kita yang tidak tau Bagaimana Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan? Maka itu saya akan memberikan beberapa informasi tentang posisi tidur yang benar:

Ternyata posisi tidur miring ke kanan merupakan posisi tidur yang benar dan tepat. Mengapa demikian? Sebelumnya saya akan memberi tahukan anda fakta seputar posisi-posisi tidur, yaitu :

A. Tidur Telungkup

Posisi tidur telungkup atau orang-orang biasa menyebut tidur “tengkurep”. Saat seseorang tidur telungkup ia akan merasakan sesak napas selama beberapa saat karena besarnya beban punggung menghalangi otot dada untuk berkontraksi saat menghisap dan mengeluarkan napas.. kesulitan bernapas saat tidur telungkup akan mengakibatkan kelelahan pada jantung dan otak. Posisi ini juga mengakibatkan tulang tengkuk dan tulang leher tertekuk. Jika terjadi kesulitan bernapas dalam waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan meninggal dunia. Seorang peneliti dari Australia mengemukakan bahwa intensitas kematian mendadak pada anak mencapai tiga kali lipat lebih banyak saat mereka tidur telungkup dibandingkan tidur dengan posisi miring ke salah satu sisi.

Selain itu terlalu lama posisi telungkup dapat menyebabkan keram pada perut, saya sendiri pernah mengalaminya saat sedang mengerjakan tugas kuliah posisi saya telungkup dan benar saja karena terlalu lama posisi telungkup saya mengalami keram pada bagian perut. Makanya saya tidak mau lagi mengerjakan tugas atau belajar dengan posisi telungkup.

B.  Tidur Telentang

Tidur dengan posisi telentang menyebabkan seseorang bernapas lewat mulutnya. Posisi telentang membuat mulut cenderung terbuka karena rahang berada dalam kondisi rileks. Bernapas lewat mulut biasa dilakukan saat terserang asma akibat alergi, kedinginan, atau flu. Selain itu, bernapas lewat mulut juga mengakibatkan gusi kering sehingga dapat menimbulkan peradangan.

Dalam posisi telentang, langit-langit mulut menghalangi celah bagian belakang rongga hidung dan saluran pernapasan. Akibatnya, seseorang akan banyak mendengkur. Nah siapa yang suka mendengkur? Mungkin saja posisi tidur anda salah yaitu posisi terlentang, dan hal ini tidak baik untuk kesehatan, jadi tidur mendengkur bukan karena tidurnya terlalu nyenyak yaa.

C. Tidur Miring Ke Kiri

Posisi tidur miring ke kiri juga tidak baik untuk kesehatan, karena jantung tertekan oleh paru-paru sebelah kanan. Ukuran paru-paru sebelah kanan lebih besar dari pada sebelah kiri. Jika menekan jantung tetentu akan memengaruhi fungsi jantung dan menurunkan aktivitasny, terutama pada orang yang sudah tua.

Posisi ini juga mengkibatkan jantung tertekan oleh lever, organ pencernaan terbesar yang berada disebalah kanan tubuh. Posisi lever sendiri tidak stabil karena menggantung. Selain itu, lever juga menekan lambung sehingga hal ini memperlambat proses pengosongan lambung. Jadi tidur dengan posisi miring ke kiri membuat jantung tertekan oleh lever dan lambung.

Berbagai percobaan yang telah dilakukan oleh Galteh dan Butseh menunjukan bahwa berpindahnya makanan dar lambung ke usus dapat dilakukan dalam waktu 2,5-4,5 jam jika seseorang tidur denga posisi miring ke kanan. Jangka waktu ini tidak dapat dicapai oleh seseorang yang tidur dengan posisi miring ke kiri karena waktu yang dibutuhkan adalah 5-7 jam. Maka itu posisi tidur miring ke kiri bukan posisi tidur yang benar yaa.

D. Tidur Miring Ke Kanan

Tidur miring ke kanan merupakan posisi tidur yang baik, benar, dan tepat. Tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan praktik kedokteran yang paling berhasil. Posisi ini memudahkan sekresi yang berupa cairan lendir pada bronkus (cabang paru-paru) sebelah kiri.

Manfaat Tidur Miring Kekanan, diantaranya adalah :

1.    Mengistirahatkan otak sebelah kiri.

2.    Mengurangi beban jantung.

3.    Mengistirahatkan lambung.

4.    Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.

5.    Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.

6.    Pencernaan lancar, karena merangsang buang air besar.

7.    Mengistirahatkan kaki kiri.

8.    Menjaga kesehatan paru-paru.

9.    Menjaga saluran pernafasan.

Jadi teman-teman kini sudah tau kan bagaimana posisi tidur yang baik untuk kesehatan, yaitu posisi tidur miring kekanan. Sekian informasi singkat dari saya mengenai posisi tidur yang baik untuk kesehatan semoga bermanfaat J dan mohon maaf bila ada kesalahan penulisan kata-kata di dalam artikel ini.

Sumber : selain dari pengalaman mengikuti kegiatan-kegiatan mengenai kesehatan tambahan informasi untuk artikel ini saya dapat dari Majalah Harmoni (keselarasan, keseimbangan, dan keserasian).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar